Jl. KH Hasyim Ashari No.58, Tangerang, Banten
PHONE :

082123457297

WHATSAPP :

6282123457297

Taman Situ Lembang Jakarta – Lokasi, Jam Operasional, Aktifitas, dan Daya Tarik

taman situ lembang jakarta

Taman Situ Lembang Jakarta – Jakarta sebagai kota metropolitan yang terkenal dengan Gedung-gedung pencakar langitnya. Namun selain itu ada banyak ruang terbuka hijau yang bisa menjadi tempat alternatif untuk berloahraga ataupun piknik cantik. Salah satu taman yang bisa Anda kunjungi saat akhir pekan bersama keluarga yaitu Taman Situ Lembang. Taman ini letaknya tidak jauh dari Taman Menteng di Jakarta Pusat. Taman Situ Lembang ini juga memiliki keunikan yang berbeda dari lainnya.  Apa saja ya? Yuk simak beberapa informasi penting lainnya!

Cerita Singkat Tentang Taman Situ Lembang

Taman ini dulunya adalah sebuah waduk yang dibangun oleh Belanda, dan berfungsi sebagai area resapan dengan pintu air untuk mengatur aliran air di sekitarnya. Kini, Taman Situ Lembang memiliki daya tarik utama berupa danau buatan yang letaknya ada di tengah-tengah taman.

Danau ini tidak hanya indah di bagian danaunya, tetapi juga dihiasi dengan bunga teratai yang tumbuh subur di permukaannya. Selain itu juga menjadi habitat bagi angsa-angsa cantik yang berenang dengan anggun di sana.

Lokasi dan Rute Menuju Taman Situ Lembang

Taman Situ Lembang terletak di Jalan Lembang Terusan, Menteng, Jakarta Pusat. Wisatawan dapat mengendarai mobil mereka sendiri atau menggunakan angkutan umum yang mudah diakses, dan dilanjut dengan berjalan kaki.

Ada juga pilihan untuk menggunakan Transjakarta atau Kopaja dari Senen ke Lebak Bulus. Anda harus berjalan kaki sekitar 750 meter dari Taman Menteng.

Jam Operasional

Wisatawan dapat mengunjungi Taman Situ Lembang setiap hari mulai dari pukul 06.00 WIB hingga 18.00 WIB.

Harga Tiket Masuk

Taman Situ Lembang, seperti banyak taman kota lainnya, tidak menawarkan tiket alias gratis. Siapa pun dapat menggunakan fasilitas publik ini secara gratis.

Ketersediaan Fasilitas

Taman Situ Lembang memiliki beberapa fasilitas umum untuk memfasilitasi masyarakat. Musala dan toilet tersedia untuk pengunjung.

Selain itu, ada tempat sampah dan bangku taman di setiap sudut taman. Untuk pengunjung yang memiliki kendaraan, seperti mobil atau motor juga dapat memarkirnya di sekitar taman.

Aktifitas yang Bisa Dilakukan di Taman Situ Lembang

Banyak aktifitas yang bisa Anda lakukan saat berada di Taman Situ Lembang:

Jogging atau Jalan Santai

Untuk Anda yang biasa memulai hari dengan berolahraga seperti jogging atau hanya sekadar berjalan santai, taman ini cocok untuk Anda. Dengan jogging track yang memadai, serta udara yang segar di pagi hari, tentunya sangat cocok dan membuat kegiatan olahraga menyenangkan.

Membaca Buku Gratis

Terdapat dua rak buku di sebelah jalur masuk ke Taman Sittu Lembang, yang menampung berbagai buku yang dapat dibaca secara gratis oleh pengunjung di area taman.

Bermain Bersama Anak

Jika Anda datang bersama keluarga, bisa ajak anak-anak Anda bermain di Taman Situ Lembang ini. Taman ini luas jadi cocok untuk anak-anak main. Selain itu juga memiliki berbagai wahana permainan untuk anak-anak. Beberapa di antaranya adalah mini panjat besi dan ayunan kaki.

Bersantai di Taman

Taman Situ Lembang memiliki angin sejuk yang dapat memberi kenyamanan bagi siapa saja, terutama bagi mereka yang ingin bersantai-santai. Ketika Anda menghirup udara segar, Anda akan menikmati suara burung dan soang yang bersahutan. Selain itu, suasananya cocok untuk melepas penat.

Daya Tarik Taman Situ Lembang

Selain aneka aktifitas, ada juga beragam daya tarik yang membuat banyak orang senang berkunjung ke taman ini. Berikut adalah beberapa daya tarik dari Taman Situ Lembang.

Danau Sejak Zaman Belanda

Daya tarik yang pertama ada sebuah danau yang terletak di tengah taman. Danau ini sudah ada sejak zaman dahulu saat Belanda masih ada di Indonesia. Danau ini dihiasi dengan tumbuhan teratai yang indah, dan ada air mancur di tengahnya yang membuat pengunjung merasa tenang.

Beragam Pohon Unik

Area taman yang luas dan ditumbuhi banyak pepohonan membuatnya sangat asri dan sejuk. Beragam jenis pepohonan tersebut di antaranya ada flamboyan, tabebuya atau sering disebut sakuranya Indonesia, salam,  beringin, tanjung, ketapang,  hingga ada juga pohon mahoni.

Fasilitas Membaca Buku Gratis

Fasilitas ini ada di sebelah jalur masuk Taman Situ Lembang. Terdapat dua rak Bookhive yang penuh dengan berbagai buku. Buku-buku ini dapat dibaca oleh siapa saja, dan untuk mereka yang ingin menyumbangkannya hanya perlu meletakkannya saja di rak tersebut.

Beragam Permainan Anak

Taman Situ Lembang mempunyai banyak wahana permainan anak-anak seperti panjat besi mini dan ayunan kaki yang bisa digunakan untuk bermain anak-anak. Namun harus tetap didampingi orang tua agar tetap aman.

Tips Berkunjung ke Taman Situ Lembang

Berikut beberapa tips yang bisa anda perhatikan jika ingin berkunjung ke Taman Situ Lembang.

Membawa Pancing Sendiri

Karena tidak ada penyewaan di sekitarnya, wisatawan yang ingin memancing dapat membawa alat pancing mereka sendiri.

Mengawasi Anak Saat Bermain

Selain itu, ada arena bermain untuk anak-anak. Orangtua yang membawa anak-anak ke sana dapat membiarkan mereka bermain namun tetap di bawah pengawasannya.

Menjaga Kebersihan

Meskipun pengunjung dapat berpiknik di sini, mereka disarankan untuk tetap menjaga kebersihan. Untuk membuang sampah bekas makanan dan minuman ke tempat yang sudah disediakan.

Memanfaatkan Bangku Taman

Setelah berolahraga, Anda dapat beristirahat di bangku di taman dengan duduk-duduk santai sembari menikmati semilir angin.

Itulah beberapa informasi yang bisa kami sampaikan mengenai Taman Situ Lembang di Jakarta Pusat. Pastikan untuk tetap menjaga kebersihan saat berkunjung ke sini ya! Untuk Anda yang sedang mencari penyewaan elf murah area Jakarta bisa hubungi kami di sewaelfmurah.com. Kami akan memberikan pelayanan terbaik!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top
Call Now Button